KKN 71 UTM 2019 Inovasikan Jagung Hasil Panen Warga Menjadi Produk Lokal Unggulan

KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura 2019
(Foto bersama setelah sosialisasi produk unggulan oleh KKN 71 UTM. Foto: Kiki/ KKN 71)
Bangkalan - Launching produk unggulan "Pudding Jagung" oleh Mahasiswa KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) 2019 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 juli 2019 di ruang kelas SDN Serabi Timur 1, Desa Serabi Timur, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Bersama dengan ibu-ibu PKK Desa dan Muslimat serta warga yang lainnya juga sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Selain dihadiri oleh tokoh ibu-ibu tersebut acara ini juga dihadiri oleh ketua dan sekretaris PKK Kecamatan Modung serta bapak Syarif selaku sekretaris Desa Serabi Timur.

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM), mencoba inovasi baru dengan bahan dasar jagung hasil panen warga desa Serabi Timur menjadi "Pudding Jagung" yang ramah lingkungan. Hal tersebut dilakukan oleh mahasiswa agar masyarakat setempat mampu memanfaatkan jagung sebagai bahan olahan yang lebih bagus serta memanfaatkan secara maksimal hasil panen warga. Sehingga jagung hasil panen warga tidak hanya dapat dijual dalam bentuk mentah, namun juga bisa dioptimalkan dalam bentuk olahan yang menarik dana berdaya ekonomis tinggi.

Penanggung jawab pengelola produk unggulan, Yuliana menyampaikan bahwa berbagai potensi dari sektor pertanian yang dapat diolah menjadi produk unggulan desa, salah satunya jagung yang dinilai memiliki daya jual cukup tinggi dan dapat dijadikan produk unggulan desa.
KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura 2019
(Proses praktek secara langsung dari ibu-ibu PKK. Foto: Siska/KKN 71)
Bahan-Bahan Puding Jagung:
1).  1 buah jagung manis
2).  1 bks agar-agar satelit warna putih
3).  1 saset susu SKM
4).  500 mill air
5).  3 SDM gula pasir (secukupnya)
6).  1 SDM tepung maizena
7).  1 buah santan kara
8).  Garam


Toping:
1).  Keju parut
2).  Misis
3).  Chocochip


Cara Pembuatannya:
  • Pipil 1 buah jagung manis kemudian di parut atau di blender dengan air,  setelah di blender saring ampasnya untuk diambil sarinya
  • Campurkan semua bahan kedalam panci,  seperti 1 buah agar-agar satelit warna putih,  3 SDM gula pasir (secukupnya),  1 SDM tepung maizena, campurkan sedikit garam,  1 buah santen kara, 1 buah susu kental manis, tuangkan air sebanyak 500 mil atau 0,5 liter, kemudian masak sambil diaduk terus hingga mendidih
  • Angkat dan tuangkan kedalam cetakan sesuai selera, lalu taruh topping keju parut sedikit misis dan Chocochip,  selamat mencoba.
KKN 71 Universitas Trunojoyo Madura 2019
(Produk Unggulan "Pudding Jagung" Oleh KKN 71 UTM. Foto: Siska/KKN71)
Pengolahan puding jagung sangat cocok dijadikan industri rumah tangga dan tidak butuh modal banyak. TIM pergerakan PKK desa sarabi timur mengaku senang terhadap inovasi dalam kegiatan produktivitas mahasiswa KKN memiliki tujuan untuk mendongkrak ekonomi daerah. “untuk pudding jagung selanjutnya agara lebih bagus dan menarik lagi sebaiknya ada variasi bari misalnya warnanya, bisa dikasih pewarna melalui buah naga, pewarna makanan, dan sebagainya” ujar Ibu Hj. Fatimatuz Zahrah selaku ketua Ibu-ibu PKK Desa Serabi Timur.

Penulis: Eliza
Editor: Amin

Komentar (0)

Posting Komentar