KKN 75 UTM 2019 Berantas Buta Huruf Dengan CALISTUNG

BangkalanMetode CALISTUNG (Baca Tulis dan Hitung) diterapkan oleh mahasiswa KKN 75 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) di Desa Mangar dengan sasaran utama adalah para lansia dan masyrakat yang tidak mengenyam bangku sekolah. Tujuan diadakannya program kerja CALISTUNG untuk  menuntaskan buta huruf di Desa Mangar. CALISTUNG (Baca Tulis dan Hitung) ditujukan kepada LANSIA (Lanjut Usia) dengan kisaran Usia minimal 45-70 tahun yang dulu tidak mengenyam bangku sekolah.
KKN 75 Universitas Trunojoyo Madura
(Proses Calsitung oleh KKN 75 UTM. Foto: KKN75)
Kegiatan ini dilakukan di 6 dusun Desa Mangar yang terdiri dari dusun Solot, Tengah, Daman, Gula’an, Nampoh dan Klerker. "Minat belajar dari para lansia cukup baik" tutur Sulalatin Nadhifah selaku penanggungjawab kegiatan ini. Kegiatan ini di lakukan setiap hari di masing-masing dusun dengan sistem bergantian dalam setiap dusunya. Adapun waktu kegiatan ini dilakukan pada pukul 18:30WIB.
Sektor pendidikan sangat perlu diperhatikan oleh pemerintah untuk menanggulangi buta huruf yang ada di Madura, banyaknya masyarakat yang buta huruf menggerakkan hati nurani kelompok KKN 75 untuk membuat kegiatan CALISTUNG.
Kejarlah Ilmu Sampai Ke Negeri Cina, Tuntutlah Ilmu Sampai Tua.

Penulis: Farida
Editor: Amin 

Komentar (0)

Posting Komentar