KKN 75 UTM Tingkatkan Minat Baca Dengan Mendirikan Perpustakaan Desa

Bangkalan -  Perpustakaan Desa didirikan untuk meningkatkan minat baca bagi anak-anak hingga dewasa. Perputakaan ini berisi buku-buku mulai dari dongeng,pelajaran,resep makanan bahkan cara bercocok tanam dan budidaya ikan yang baik bagi orang dewasa. Perpustakaan desa ini terletak di Balai Desa Mangar yang berada di ruang Perangkat Desa.
KKN 75 Universitas Trunojoyo Madura
(Suasana di Perpustakaan Desa. Foto: KKN75)
Perpustakaan ini dibuka mulai jam 13.00-16.00 pada hari senin-sabtu dan hari minggu buka pukul 08.00-12.00. Kurangnya minat baca saat ini yang tergantikan oleh gadget membuat pemikiran kelopok KKN 75 untuk mendirikan perpustakaan desa. Merubah kebiasaan anak yang lebih tertarik dengan gadget dibandingkan dengan membaca memang sulit tetapi kalau tidak segera dirubah maka akan berdampak buruk bagi pola pikir anak,ujar PJ pembuatan Perpustakaan Desa.

Adanya perpustakaan desa di balai Desa Mangar membuat anak-anak sekitar tertarik untuk membaca tidak hanya bermain seperti hari-hari biasanya. Antusias anak-anak dalam membaca mulai muncul dengan berdirinya perpustakaan desa tersebut. Buku yang tersedia tidak hanya dongeng saja tetapi ada macam-macam fauna Indonesia, buku resep pembuatan kue kering. Memang masih hanya sekitar puluhan buku yang tersedia tetapi selanjutnya akan diusahakan untuk diperbanyak lagi buku-buku tersebut,ujar salah satu kelompok KKN 75.
Tidak semua orang suka membaca tapi dengan membaca maka akan banyak ilmu yang kita peroleh

Penulis: Farida
Editor: Amin 

Komentar (0)

Posting Komentar