Pelatihan Pembuatan Produk Unggulan Oleh KKN 35 UTM

Pelatihan Pembuatan Produk Unggulan Oleh KKN 35 UTM
(Proses pembuatan "SINGKE". Foto: KKN35)
Setiap desa mempunyai potensi masing-masing yang mana apabila dikembangkan dapat bernilai ekonomis. Seperti halnya desa Panglegur kecamatan Tlanakan Kabupaten pamekasan. Desa Panglegur memilki potensi yang cukup banyak, dari sektor pertanian ada singkong dan tembakau dan beberapa masyarakat menjadi pengepul barang bekas.

Melihat dari potensi itu kelompok KKN 35 UTM yang kebetulan mengusung tema “mengembangkan potensi unggulan desa” mempunyai inovasi untuk mengembangkan potensi tersebut.
Rabu 17 juli 2019 bertempat di balai desa Panglegur bekerjasama dengan ibu-ibu PKK dan beberapa kepala dusun, kelompok KKN 35 UTM mengadakan sebuah kegiatan  pelatihan serta pembuatan produk unggulan desa secara langsung, diantaranya produk yang dibuat adalah:
  1. Olahan SINGKE (Singkomg keju)
  2. Pot bunga dari botol bekas
  3. Peyek daun Singkong
  4. Wadah tisu dan vas bunga dari kertas bekas

Pelatihan Pembuatan Produk Unggulan Oleh KKN 35 UTM
(Foto bersama setelah pelatihan. Foto: KKN35)
Kegiatan ini cukup menarik perhatian masyarakat desa panglegur terbukti dengan antusias warga yang datang pada kegiatan ini. Berbekal kemampuan yang telah didapat dibangku kuliah pelatihan pembuatan produk unggulan ini langsung dipandu oleh Akh Jakfar (mahasiswa KKN 35). Bahan-bahan untuk membuat produk unggulan ini 95% diambil dari potensi desa dan sisanya adalah bahan pendukung.
Dengan pelatihan ini diharapkan menambah kreatifitas masyarakat desa panglegur dalam mengembangkan potensi desa”, ujar Pambudi selaku kordes KKN 35.
kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa panglegur dan semoga produk-produk ini dapat dilanjutkan serta dikembangkan lagi oleh para warga” sambung Wariyanto selaku Pjs kepala desa Panglegur.

Komentar (0)

Posting Komentar