Pemeriksaan Katarak Secara GRATIS! Bentuk Kepedulian Mahasiswa KKN 89 Universitas Trunojoyo Madura

KKN 89 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura
(Kelompok KKN 89 UTM Saat Melakukan Pemeriksaan Gratis. Foto: Ubaid/KKN89)
Bangkalan Pada hari Senin, 15 Juli 2019 kelompok KKN 89 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) bekerjasama dengan Kepala Desa Lomaer, Bapak Achmad Amiruddin, S.E beserta Klinik Mata Utama (KMU) Bangkalan, mengadakan pemeriksaan katarak gratis di kediaman kepala desa yang tepatnya di Desa Lomaer, Kecamatan Blega, Bangkalan.
KKN 89 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura
(Pengarahan Oleh Petugas Klinik Mata Utama Bangkalan. Foto: Ubaid/KKN89)
Pengarahan dan pemeriksaan dilakukan langsung oleh petugas Klinik Mata Utama (KMU) Bangkalan. Petugas klinik menjelaskan tentang penyakit mata yang biasa dialami oleh orang lanjut usia, salah satunya adalah katarak. Katarak merupakan suatu penyakit mata yang ditandai dengan mengeruhnya lensa mata, sehingga membuat penglihatan kabur. Penyebab utama katarak sendiri antara lain mata yang terlalu sering terpapar sinar ultra violet, diabetes melitus, pernah menjalani operasi mata, dan trauma akibat kecelakaan.

Selain pelayanan pemeriksaan katarak secara gratis, warga juga mendapatkan keuntungan lain berupa voucher untuk operasi katarak di klinik tersebut tanpa dipungut biaya dengan syarat membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kepala desa setempat bagi warga yang tidak memiliki BPJS serta menunjukkan Kartu Keluarga (KK).
KKN 89 Tematik Mandiri Universitas Trunojoyo Madura
(Proses Pemeriksaan Mata Oleh Petugas. Foto: Ubaid/KKN89)
Antusias warga setempat untuk mengikuti pemeriksaan ini cukup baik. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya warga yang datang untuk melakukan pemeriksaan katarak. Pemeriksaan katarak gratis ini, memiliki dampak positif misalnya masyarakat dapat mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mata yang mereka miliki saat ini.


Penulis: Ubaidillah
Editor: Amin

Komentar (0)

Posting Komentar