Investasi Saham Dunia Akhirat? Ya Investasi Saham Syariah Pilihannya


Sebagian orang mungkin banyak yang masih takut dan ragu berinvestasi di saham syariah karena belum yakin sudah bebas dari riba atau tidak. Padahal faktanya saham syariah bebas riba dan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang dimuat dalam aturan Fatwa Dewan Syariah Nasional nomor 80 tahun 2011.

Jika bebas riba apa investasi saham syariah di Pasar Modal syariah pasti halal?

Halal. Karena pada dasarnya kegiatan pasar modal yang merupakan kegiatan penyertaan modal dan atau jual beli efek (saham syariah), termasuk dalam kelompok muamalah, sehingga transaksi dalam pasar modal diperbolehkan sepanjang tidak ada larangan menurut syariah. Adapun kegiatan muamalah yang dilarang adalah kegiatan spekulasi dan manipulasi yang di dalamnya mengandung unsur gharar, riba, maisir, risywah, maksiat, dan kedzhaliman.

Selain halal dan bebas riba, apasih keuntungannya berinvestasi di saham syariah?

Nah, sebelum membahas mengenai keuntungan, kenali dulu yuk apa itu investasi saham syariah

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), saham syariah adalah efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal.
Sesuai aturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) suatu saham dapat dikategorikan sebagai saham syariah jika saham tersebut diterbitkan oleh :
  •  Emiten dan Perusahaan Publik yang dalam anggaran dasarnya melakukan kegiatan usaha yang tidak bertentangan dengan Prinsip-prinsip syariah.
  • Emiten dan Perusahaan Publik yang dalam anggaran dasarnya dilarang melakukan kegiatan usaha yang bertentangan dengan Prinsip-prinsip syariah, seperti :

  1. Perjudian dan permainan yang tergolong judi
  2. Perdagangan yang tidak disertai dengan penyerahan barang/jasa
  3. Perdagangan dengan penawaran/permintaan palsu
  4. Bank berbasis bunga
  5. Perusahaan pembiayaan berbasis bunga
  6. Jual beli risiko yang mengandung unsur ketidakpastian (gharar) dan/atau judi (maisir), antara lain asuransi konvensional
  7. Memproduksi, mendistribusikan, memperdagangkan dan/atau menyediakan barang atau jasa haram zatnya (haram li-dzatihi), barang atau jasa haram bukan karena zatnya (haram li-ghairihi) yang ditetapkan oleh dsn-mui; dan/atau, barang atau jasa yang merusak moral dan bersifat mudarat;
  8.  Melakukan transaksi yang mengandung unsur suap (risywah);
Sudah tau kan saham syariah itu seperti apa ? Nah, mengenai keuntungan ada banyak sekali keuntungan karena sudah berinvestasi di saham syariah diantaranya
  • Melakukan investasi yang sesuai dengan hukum islam.
  • Terhindar dari riba.
  • Aman. Karena investasi saham syariah sesuai dengan hukum islam, maka tidak memperkenankan adanya kebohongan dan adanya disinformasi
  • Mekanisme transaksi investasi Syari’ah mengunakan prisip mudharabah, musyarakah, ijarah, istisna’, dan salam.
  • Saham yang diperdagangkan dalam investasi syariah datang dari emiten yang memenuhi kriteria-kriteria syariah. Jadi seluruh saham yang tercatat dalam bursa sesuai dan halal
Investasi saham syariah ini dapat dianggap menguntungkan orang muslim di akhirat nanti, yang mana akan juga selain membuat orang muslim mendapatkan keuntungan berupa uang, juga berupa penyelamatan saat di akhirat.
Gimana nih? Sudah jelas kan kalau investasi saham syariah adalah investasi bebas riba, bisa raih keuntungan dunia dan akhirat juga.

Oleh : Wulan Sari Ramadhania 170221100133
(Dosen Pengampu : Robiatul Auliyah, S.E., MSA.)

Komentar (0)

Posting Komentar