RSyari'ah

RSyari'ah

Industri Syariah yang ada di Indonesia semakin ramai, setelah bank dan lembaga keuangan syariah saat ini mulai berkembang ke arah bisnis syariah seperti hotel syariah, supermarket syariah dan yang terbaru adalah rumah sakit syariah. mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama islam yang merupakan sarana luas untuk bisnis syariah, sehingga tidak mengherankan ketika bisnis yang berkembang saat ini mulai memperhatikan kepentingan konsumen dari sisi kebutuhan memenuhi aturan-aturan agama islam. Bisnis syariah apalagi rumah sakit  sangat berbeda jauh dengan bisnis syariah di bank dan lembaga keuangan syariah, operasional utama rumah sakit yang berbentuk interaksi antar manusia merupakan objek yang juga diatur dalam penerapan rumah sakit syariah.

Rumah sakit berbasis keagamaan terutama yang menggunakan nilai-nilai Islam sebenarnya bukan hal baru di Indonesia. Keberadaan rumah sakit ini sudah cukup lama ada dan banyak tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini ditandai dengan penamaan rumah sakit yang menggunakan kata-kata bahasa arab semisal : RS Hidayatullah, RS Nur Hidayah, RS An Nisa , dan sebagainya, serta rumah sakit di bawah naungan organisasi keagamaan seperti RS PKU Muhammadiyah, RS NU, dan sebagainya.
Keberadaan rumah sakit syariah ini juga sangat baik untuk mendorong pasien yang beragama Islam untuk meyakini bahwa pengobatan medis juga sesuai dengan aturan Islam. Pada saat ini banyak ajakan beredar di masyarakat untuk tidak mempercayai pengobatan medis dan mengganti dengan pengobatan alternatif yang berkedok agama.

Penulis: Nurul Musfiratun 170221100032
(Dosen Pengampu : Robiatul Auliyah, S.E., MSA.)

Komentar (0)

Posting Komentar