RUMAH SAKIT SYARIAH : PRODUK SYARIAH BARU DI DUNIA MEDIS

RUMAH SAKIT SYARIAH : PRODUK SYARIAH BARU DI DUNIA MEDIS
(Foto: Search by Edi Tiya)
Tentang rumah sakit Syariah dapat terlihat satu bangunan makna bahwa rumah sakit tersebut adalah institusi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan masyarakat yang di dalamnya berupaya dan berusaha mengaplikasikan nilai-nilai syariah sesuai yang tertuang dalam al-Qur’an dan as-Sunnah.

Berbeda dengan rumah sakit konvensional, rumah sakit Syariah ini lebih nyaman dan nyaman untuk umat muslim seperti makanan disana sudah pasti 100% halal, perawat yang mengingatkan pasiennya untuk berdoa dulu sebelum makan, dokter yang menangani pasien harus sesuai gender si pasien, dan pembatasan tamu jenguk yang sesuai gender si pasien. Terlepas dari itu rumah sakit Syariah juga bebas dari unsur riba untuk pembayarannya berbeda dengan rumah sakit Syariah.

Gagasan tentang rumah sakit syariah sebetulnya sudah lama muncul sejak trend Syariah booming dalam berbagai bisnis nirlaba di dunia khususnya di Indonesia, namun yang diakui oleh pemerintah sementara ini adalah perbankan syariah yang kemudian dimuat dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 21 tahun 2008.

Adapun rumah sakit Syariah yang ada di Indonesia antara lain Rumah Sakit (RS) Islam Sultan Agung Semarang, RS Nurhidayah Bantul, Yogyakarta, RS Sari Asih Arrahman Tangerang, RS Sari Asih Cilledug, RS Sari Asih Sangiang, dan RS Amal Sehat Wonogiri, serta, RS Islam Yogyakarta PDHI, RS Muhammadyah Lamongan.

Semoga kedepannya banyak rumah sakit Syariah yang akan dibangun di negara tercinta kita, apalagi masyarakat kita sekarang lagi senang-senangnya dengan produk Syariah dengan begitu juga bisa menarik investor dari negara timur tengah untuk menginvestasikan uang mereka ke Indonesia untuk pembangunan rumah sakit Syariah.

Penulis: Edi Tiya
(Dosen Pengampu : Robiatul Auliyah, S.E., MSA.)

Komentar (0)

Posting Komentar