LPPM UTM Bersama Pemuda Kedung Talang Lakukan Budidaya Lele Sistem Aquaponik

(Kegiatan Budidaya Lele Sistem Aquaponik oleh LPPM UTM Bersama Pemuda Kedung-Talang)
LPPM UTM melakukan budidaya lele dengan sistem aquponik bersama pemuda dusun kedung talang desa kadengan kecamatan randublatung kabupaten blora. Kegiatan ini di lakukan oleh LPPM UTM  dalam serangkaian dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat.

Di tengah adanya wabah COVID 19 ini banyak sektor yang terdampak. Selain itu ekonomi warga masyarakat tersendat akibat adanya wabah yang semakin merebak ini. Dengan adanya kegiatan ini di harapakan menjadi sebuah solusi bagi masyarakat terutama para pemuda desa untuk dapat lebih produktif.

Salah satu mahasiswa yang melakukan pengabdian aji catur mengatakan bahwa kegiatan ini kami lakukan karena melihat dampak dari adanya COVID 19 sangat parah. Kami melihat bahwa warga masyarakat perlu kegiatan yang lebih produktif dan mampu dilakukan dengan fleksibel dan tidak berkerumun, dengan budidaya lele ini masyarakat mampu memanfaatkan untuk konsumsi dan lebih ekonomis “kegiatan ini kami lakukan karena banyak sekali warga yang terdampak pandemi ini sehingga dengan adanya kegiatan ini agar warga terutama para pemuda lebih produktif dan memanfaatkan sebagai bahan konsumsi yang lebih ekonomis” ujar aji catur, Jumat (17/07/2020).

Aji juga menambahkan bahwa budidaya lele sistem aquaponik ini menggabungkan penanaman bibit tanaman  untuk hidroponik seperti kangkung, sawi dll yang biasa dikonsumsi masyarakat. Dan sistem ini di lakukan dengan menggunakan media dari barang barang bekas seperti botol bekas minum, kawat, ember bekas dll. “budidaya lele sistem aquaponik ini sangat mudah sekali dilakukan karena penggunaan nya menggunakan media dari barang barang bekas yang mudah didapatkan. Selain sisitem ini dinilai praktis karena budidaya lele sistem aquaponik ini juga menggabungkan penanaman tanaman untuk penanaman hidrponik seperti kangkung sawi dll yang biasa di konsumsi masyarakat” imbuh aji.

Kegiatan ini di ikuti oleh para pemuda pemuda kedung talang dengan antusias. Salah satu pemuda dusun kedung talang  effendi mengatakan bahwa mereka sangat mendukung dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Karena dengan adanya pandemi ini sering bingung untuk melakukan apapun selain itu dalam keadaan pandemi ini tidak produktif. “saya bersama teman teman merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini lebih produktif dan menjadi aktivitas kami agar menghindari kegiatan kegiatan yang tidak berguna” ujar effendi.

Komentar (0)

Posting Komentar